Senin, 15 November 2010 By: Kelurahan Tapa

DATA HEWAN QURBAN KELURAHAN TAPA THN 2010



SAPI                         :  22  EKOR

KAMBING              :   4  EKOR





HIKMAH BERQURBAN
Hikmah dari menyembelih kurban diantaranya ialah bahwa kita harus mengerti bahwa berkurban itu adalah ibadah dan setiap ibadah yang kita lakukan adalah suatu bentuk dari kepatuhan dan ketundukkan kita kepada syari'at agama ini.Kemudian diantara hikmah berkurban adalah mengingatkan kita kembali pada sejarah agung Nabiyulloh Ibrahim AS yang di uji Allah'Azza Wa Jalla untuk menyembelih putra tercintanya Ismail AS,dan ketika proses ujian iman dan spiritual tersebut dilaksanakan,Allah Subhanahu Wa ta'alaa menggantinya dengan kambing gibas.

Di antara hikmah yang lainnya adalah kita bisa memberikan kebahagiaan kepada faqir miskin,keluarga dan para tetangga.Bersama dalam kebahagiaan dan merasakan kebahagiaan bersama.Merajut hubungan yang semakin erat antara fuqoro dan aghniya,menanamkan ruh jama'ah dan kasih sayang di antara kita.

HUKUM BERQURBAN

Hukum berkurban adalah sunah muakkadah.Namun bisa menjadi wajib ketika ada dua sebab.yaitu:
1).Seseorang memberi isyarat pada hewan miliknya sendiri dan memenuhi syarat sebagai binatang yang layak di kurbankan.Misalnya seseorang berkata begini:"Ini adalah hewan kurbanku"..atau "Aku akan kurbankan kambing ini.."Maka hukum berkurban untukorang tersebut menjadi wajib.kecuali hewan tersebut bukan miliknya ataupun belum memenuhi syarat untuk menjadi hewan kurban.

2).Seseorang yang menetapkan kurbannya sebagai taqorrub ilallooh atau sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah.Misalnya dia berkata:"Untuk Allah aku wajib berkurban".Maka hal ini menjadi wajib baginya untuk berkurban.Karena hal tersebut masuk sebagai nadzar.

semoga hati kita selalu diringankan oleh Allah SWT untuk memberikan sedikit milik kita kepada sesama (fakir miskin khususnya, dan insya akan beroleh Ridho dari_NYA. Amin.....

by  :  Rosmin Liputo

0 komentar:

Posting Komentar